Rabu - 13 November 2013

Chicmagz.com - Ini adalah salah satu proses penting dalam sebuah interview, baik untuk pertama kali memasuki perusahaan maupun saat kita dipromosikan. Sebelum mengajukan penawaran gaji, ada baiknya perhatikan 5 poin berikut:

1. Pelajari profil perusahaan. Mengenai besaran ekspektasi gaji yang Anda akan Anda terima nanti, ketahui dulu profil perusahaan yang ingin Anda masuki tersebut, apakah ada di skala perusahaan kecil, menengah atau besar. Sehingga gaji yang kita harapkan tak akan terlalu tinggi atau mungkin malah terlalu rendah.

2. Biar aman, tulis dalam skala rentang. Bila Anda belum tahu pasti skala perusahaan tersebut, maka Anda bisa menuliskan rentang nominal gaji yang Anda harapkan, misalnya Rp4.000.000-5.000.000.  Tentukan pula bahwa apakah hal tersebut sudah atau belum termasuk poin tunjangan, bonus yang Anda perlukan. Karena perusahaan ingin mengetahui seberapa jauh penawaran yang mereka ajukan nantinya akan fit dengan calon pegawai baru. Serta apakah nantinya bisa menciptakan komitmen kerja untuk jangka waktu memadai.

3. Apakah sebanding dengan jumlah pekerjaan? Hal serupa berlaku bila Anda ingin mengisi posisi jabatan satu level di atas posisi jabatan Anda saat ini. Pahami job description yang diminta, sehingga Anda bisa mengukur terlebih dulu kapabilitas Anda dengan melihat lagi pengalaman kerja yang pernah Anda tangani. Serta seberapa jauh Anda merasa sanggup menjalankan peran posisi pekerjaan tersebut dengan optimal nantinya. Bila  merasa kapasitas Anda mencukupi, Anda bisa menuliskan nominal gaji yang Anda harapkan, antara rentang minimal sampai dengan maksimal sesuai standar gaji yang berlaku untuk pekerjaan dan posisi pekerjaan tersebut saat ini.

4. Jangan lupakan prestasi kerja. Faktor lain yang juga penting dalam penulisan CV ialah mencantumkan apa saja kontribusi dan prestasi kerja Anda yang relevan dengan posisi yang Anda ingin isi, sehingga rekruter bisa melihat kekuatan Anda. Serta dapat menilai apakah harapan nominal gaji Anda sudah sesuai.

5. Update. Perhatikan pula kapan Anda mencantumkan perihal gaji tersebut. Bila jarak waktu Anda memasukkan aplikasi dengan waktu Anda diwawancara cukup jauh, misalnya sampai hitungan bulan atau bahkan 2 tahun, tentunya Anda berhak menegosiasikan penyesuaian nominal gaji, sesuai periode terkini saat Anda diwawancara.

Career Expert: Donna Turner


(Precilia Meirisa)
Foto: Thinkstock

Berita Terkait