Senin - 16 September 2013

Mendapat tawaran rotasi atau promosi tapi di kota lain? Pertimbangkan beberapa hal ini sebelum mengiyakan atau menolak.

Pikirkan Fase Selanjutnya
Mungkin sekali dalam periode usia saat ini, Anda sedang memiliki kebutuhan yang tinggi untuk mendapatkan hubungan interpersonal yang bermakna dengan calon pasangan hidup, sampai akhirnya Anda mempertimbangkan  untuk menikah dan membina rumah tangga. Bila kebutuhan ini sudah terpenuhi, maka kebutuhan utama Anda bisa bergeser. Barulah muncul kebutuhan untuk berada di jenjang karier yang lebih tepat, yang memungkinkan Anda berkontribusi terhadap lingkungan secara lebih luas, sesuai ambisi dan kebutuhan hidup.

Menolak Karena Zona Nyaman?
Bila memang Anda tidak akan mengambil peluang rotasi kerja, maka benarkah Anda akan memanfaatkannya untuk membina komitmen yang lebih serius dengan kekasih? Memanfaatkan waktu dua tahun mendatang untuk membuat rencana menikah? Bila jawabannya, ya, maka “pengorbanan” Anda tidak akan sia-sia. Namun bila Anda belum memikirkan pernikahan, belum berencana serius membina rumah tangga, maka ada kemungkinan saat ini Anda berada dalam zona nyaman, sehingga mengabaikan peluang lain yang juga penting bagi perkembangan hidup dan perkembangan karier selanjutnya.

Beri Alasan Tepat
Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan utama saat ini. Bila salah satu lebih penting, Anda bisa mendahulukan hal yang dianggap penting tersebut. Ketahui juga apa saja konsekuensi yang akan terima, positif dan negatif, bila memutuskan untuk mengambil atau tidak mengambil peluang rotasi tadi. Apakah hal ini berakibat Anda perlu mencari tempat kerja baru yang lebih sesuai atau tidak. Bila Anda tidak ingin mengambil peluang rotasi, tentunya Anda perlu menjelaskan kepada atasan dengan dasar pertimbangan yang kuat, sehingga bisa dipahami.

Siapa Tahu Mereka Mendukung
Sekiranya masih ada niat untuk mengambil peluang promosi tersebut, bisa saja Anda tidak perlu mengorbankan kualitas hubungan dengan keluarga dan pacar. Diskusikan dengan keluarga maupun kekasih cara menjaga kualitas hubungan walau terpisah jarak, misal melalui kunjungan-kunjungan singkat, atau pun melalui penggunaan sarana komunikasi yang semakin canggih.

Selamat mempertimbangkan alternatif-alternatif ini dengan seksama. 

(Donna Turner – Career Expert)
Foto: Thinkstock

Berita Terkait