Rabu - 23 Januari 2013

Sejuknya angin sore hari, segarnya gemericik air kolam, dan hijaunya tanaman. Sebuah kombinasi apik untuk relaksasi hati dan pikiran. Ditambah lagi duduk meluruskan kaki di gazebo, sambil menikmati teh hangat dan buku favorit. Jadilah suasana santai gratis di rumah sendiri.

Tinggal di kota besar, membuat kita seringkali merindukan suasana "kampung". Kita bisa mendapati suasana tersebut jika datang ke area pedesaan. Mengapa tidak mencoba membawanya ke rumah kita. Caranya dengan membuat gazebo bergaya ala pedesaan.

Gazebo di foto ini bisa menjadi contoh. Berada di tepi taman bergaya tropis modern, gazebo ini bisa dikatakan bergaya modern. Meski demikian arsitek taman, Andie dari X-otic Garden, tak lupa memberi sentuhan alami. Terbuat dari kayu bangkirai dengan atap jerami. Gazebo berdesain modern ini tetap terasa bernuansa "kampung". Berada di dalamnya, Anda seolah berpindah dari kota besar ke area pedesaan.

Gazebo dibuat menempel ke dinding, sehingga lebih menghemat penggunaan lahan dan material. Sebagai pemanis, ditambahkan kelambu putih tipis. Agar duduk di dalamnya terasa lebih nyaman, lengkapi gazebo dengan bantal-bantal beragam bentuk dan ukuran. Untuk mengisi dinding kosong, Andie menempatkan sejenis tikar bambu, membuat tampilannya semakin alami.

Meski berukuran kecil, lampu berbentuk bulat dengan ornamen serupa kelopak-kelopak bunga mampu menarik perhatian. Lampu digantung pada atap bagian dalam gazebo. Fungsinya tak hanya sebagai penerang. Bentuknya yang unik dan warnanya yang merah hangat, tampil mencolok. Keberadaannya sekaligus berfungsi sebagai hiasan cantik untuk gazebo.

Foto: Rasantika M. Seta

Lokasi: Rumah keluarga Hendra dan Lina, Bandung, Jawa Barat

Arsitek taman: Andie/ X-otic Garden

Berita Terkait