• Fenomena Gerhana Bulan Merah Darah

    GramediaMajalah.com - Masyarakat di benua Amerika akan dapat menyaksikan gerhana bulan langka hari ini, namun sayang di Indonesia waktu pengamatan akan sangat sempit.

    Dalam gerhana bulan penuh ini, bulan akan berubah warna dari abu-abu, oranye, lalu ke merah darah.

    Di Amerika, gerhana dapat dinikmati selama tiga jam, ketika bulan mulai masuk ke bayangan bumi.

    Beberapa jam setelahnya, bulan akan sepenuhnya tertutup dan terlihat berwarna merah. Pemandangan terbaik akan terjadi pada 14.45 WIB.

    Namun sayangnya, di Indonesia, waktu pengamatan terbilang sempit karena gerhana bulan terjadi pada siang hari.

    "Awal mulai gerhana sekitar pukul 12.00 WIB, dan berakhir pada pukul 17.30 WIB. Jadi hanya wilayah tengah dan timur Indonesia yang bisa melihat dengan mata telanjang," kata Aviva Yamani, dari media astronomi Langitselatan.

    "Itu pun waktu pengamatan sangat singkat. Di bagian timur mungkin bisa melihat sekitar setengah jam untuk gerhana sebagian, plus satu jam gerhana penumbral."

    Papua dan Maluku

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, dalam pernyataannya mengatakan wilayah Papua dan sebagian besar Maluku bagian Timur akan dapat menikmati pemandangan gerhana sebagian hingga gerhana selesai.

    "Sementara pengamat di Maluku bagian Barat, Sulawesi, Nusa Tenggara, sebagian besar Kalimantan bagian Timur dan Jawa bagian timur akan mendapati Bulan berada dalam fase Gerhana Bulan Penumbra hingga berakhirnya gerhana ini pada pukul 17.39 WIB."

    Gerhana bulan ini adalah yang pertama pada 2014. Tiga gerhana lain akan terjadi pada tahun ini, yaitu gerhana matahari penuh pada 29 April, gerhana bulan pada 8 Oktober, dan gerhana matahari sebagian pada 23 Oktober. BBC Indonesia

  • Kiki Fatmala Ketakutan, Rumahnya Muncul Gambar Hantu Cewek

    GramediaMajalah.com - Dua bulan belakangan ini, aktris Kiki Fatmala (44) mengaku sempat dicekam rasa ketakutan bila seorang diri di rumahnya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Apa yang membuat Kiki Ketakutan?

    "Jadi awalnya, waktu itu pas malam, aku sering kalau makan menunya aku potret pakai HP dan aku share ke temen-temen. Tapi kali pas aku potret muncul gambarnya bukan makanan, tapi muncul gambar cewek mukanya rusak. Aku kaget. Nih aku jadi merinding ceritanya," ungkap Kiki sembari mengusap-usap lengannya saat ditemui Planet Hollywood, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (15/4/2014) malam.

    Kejadian muncul gambar seram di ponselnya itu kata Kiki, anehnya makin sering dia pamerkan ke banyak orang, dirinya malah jadi semakin takut bila berada di rumah. Padahal, menurut pemeran film Si Manis Jembatan Ancol ini, ia sudah tinggal di kawasan elite sudah 20 tahun dan baru sekarang perasaannya jadi terusik.

    "Makanya aku heran kecuali rumah baru. Aku tinggal di rumah itu sudah 20 tahun dan nggak pernah ngalami yang aneh-aneh. Makanya aku heran. Makanya fotonya aku deleted aja daripada kepikiran terus," katanya.

    "Jadi anehnya, kalau aku abis cerita sama teman. Pas pulang ke rumah, mau ke kamar jadi teringat gambar itu dan perasaan seperti ada yang ngikutin. Awal-awal kejadian aku di rumah minta temanin saudara. Jadi ketakutan sendiri," cerita Kiki.

    Apakah sekarang masih juga takut di rumah sendirian? Menurut Kiki semenjak gambar seram tersebut ia hapus dari ponselnya, perasaan ketakutan itu pelan-pelan mereda.

    "Aku juga baca-baca doa dan sholat. Aku juga berusaha memberanikan diri juga. Apalagi selama ini nggak pernah ketemu yang aneh-aneh," kata Kiki yang kini kembali bermain di film bergenre horor berjudul Kesurupan Setan besutan sutradara Subakti Is.